RSS

Senin, 29 November 2010

Kepribadian Bangsa Timur

Kepribadian merupakan suatu pola sikap yang mencerminkan sikap dan karakter dari seseorang terhadap lingkungannya. Kepribadian bangsa timur, merupakan kepribadian yang bersifat tepo seliro atau mempunyai toleransi yang tinggi. Contohnya adalah negara kita, Indonesia, yang mempunyai keanekaragaman agama, suku dan budaya, tetapi tidak membuat semuanya itu menjadi suatu halangan bagi bangsa Indonesia bisa hidup saling menghargai satu dengan yang lainnya, walaupun ada dari beberapa masyarakat kurang dapat melakukan hal tersebut.

Indonesia dikenal oleh bangsa lain sebagai bangsa yang berkepribadian yang baik. Dunia mengenal bangsa timur sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat, hal tersebut membuat bangsa-bangsa yang lain menjadi menyukainya, karena mempunyai hidup yang tidak individualistis (lebih mementingkan diri sendiri) dan saling tolong menolong. Kepribadian bangsa timur juga identik atau terciri dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun dalam hal berpakaian, seperti halnya bangsa Indonesia

Bangsa timur erat kaitannya dengan rasa sosialisasi dan rasa solidaritas yang tinggi. Misalnya saling tolong menolong dan bergotong royong yang dilakukan bersama-sama. Hal tersebut bagi bangsa timur merupakan suatu sikap yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan. Sikap tersebut bisa terbentuk karena juga faktor dari masa lalu dalam masa perjuangan melawan penjajahan, seperti Indonesia, yang bekerja keras, pantang menyerah dan saling bekerja sama satu dengan yang lainnya, demi untuk melepaskan diri dari penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Hal tersebut, bisa membuat jati diri bangsa menjadi terbentuk.







Bangsa timur memiliki kebudayaan yang masih kental dari negara atau daerah masing-masing. Masih ada adat-adat atau upacara tertentu yang masih dilaksanakan oleh bangsa timur. Kegiatan-kegiatan tersebut membuat kepribadian bangsa timur semakin unik diantara bangsa lainnya. Misalnya bangsa Indonesia masih banyak yang melaksanakan upacara-upacara adat dan tarian khas dari masing-masing daerah yang diselenggarakan dalam acara-acara tertentu.

Tercampur dengan pola pikir bangsa lain, membuat suatu kepribadian bangsa menjadi memudar atau luntur. Tetapi, Kepribadian suatu bangsa tidak dapat lenyap begitu saja, walaupun terkontaminasi oleh aspek-aspek dari luar bangsa tersebut, karena kepribadian suatu bangsa sudah melekat atau menjadi jati diri suatu bangsa. Bila suatu bangsa bisa menyaring apa yang diterima dari bangsa-bangsa lain, kepribadian yang menjadi pandangan atau dasar hidup kita tidak akan memudar, bahkan kita akan mempunyai kepribadian yang lebih baik lagi, kalau kita mengambil hal yang positifnya dari suatu kepribadian dari bangsa lain. Tetapi tetap, kepribadian suatu bangsa tidak dapat digantikan.

Sumber :

http://arikaka.com/manusia-dan-kebudayaan/

http://riohode.blogspot.com/2010/05/manusia-dan-kebudayaan.html

http://tonifebruari666.wordpress.com/2008/05/07/kepribadian-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar