RSS

Kamis, 12 Januari 2012

Lingkungan Bisnis


Lingkungan bisnis merupakan segala sesuatu yang mempunyai pengaruh terhadap aktivitas usaha atau bisnis dalam suatu perusahaan atau jenis usaha lainnya, dan dapat menimbulkan suatu peluang maupun ancaman dalam perjalanannya. Faktor lingkungan bisnis itu sendiri terdiri dari dua jenis yaitu lingkungan mikro (lebih kepada para pelaku yang berhubungan langsung dengan lingkungan usaha) dan lingkungan makro (faktor ekonomi, demografi, geografi, teknologi, pemerintah, sosial dan politik).
Unsur-unsur dari lingkungan bisnis itu sendiri, antara lain :
  • Lingkungan fisik
Meliputi tanah, iklim, topografi, udara, air, dan infrastruktur
  • Lingkungan perekonomian
Dalam lingkungan ini, mempunyai pengaruh dalam penghasilan dan pendistribusian barang atau jasa,
  • Lingkungan pemerintah
Adanya bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan perusahan kecil maupun perusahaan besar.
  • Lingkungan hukum
Adanya latar belakang hukum dan peraturan dalam perusahaan  menjalankan operasinya, dan masalah etika dalam pengembangan bisnis.
  • Lingkungan internasional
menyangkut hubungan-hubungan internasinal dengan negara-negara lain dan perusahaan-perusahaan asing. Aliran dana ke luar negeri untuk membiayai impor dan pemasukan kedalam negeri dari hasil ekspor pembayaran internasional dan mutinasional untuk menunjang pengembangan bisnis di Indonesia, dapat dianggap sebagai lingkungan internasional.

Dalam pembahasan kali ini, saya akan melanjutkan dari pembahasan sebelumnya yaitu mengenai membaca peluang pasar, tetapi saya akan membahas mengenai usaha Rumah Makan didaerah tempat tinggal saya. Walapun banyak betebaran usaha rumah makan ini, tetapi tidak bisa disangka keinginan konsumen untuk mencoba makanan di berbagai rumah makan selalu ada. Di lingkungan tempat tinggal saya terdapat sekolah SD, SMK dan dikelilingi perusahaan-perusahaan dan juga dekat dengan pasar. Hal tersebut membuat akses orang-orang yang hilir mudik menjadi banyak. Ditambah, sekolah SD dan SMK merupakan sekolah saya dulu, yang membuat hal tersebut menjadi point tersendiri karena mereka mengenal saya dan masakan-masakan dari ibu saya sudah sangat cukup lama. Dengan jenis makanan yang sederhana, seperti kangkung, capcay,urap, ikan, tempe, bakwan goreng, peyek udang, dll.

Saya akan mengidentifikasi faktor –faktor dalam lingkungan bisnis terhadap usaha ini, yaitu :
  • Faktor ekonomi
Faktor ini mempunyai pengaruh yang besar, terhadap proses penjalanan usaha. Dengan hanya bermodalkan pembuatan tempat untuk makanan dan makanan itu sendiri, hal tersebut tidak terlalu memakan biaya yang besar. Dalam pembentukan harga untuk setiap makanannya, disesuaikan dengan keadaan disekitar tempat tinggal dan biasanya harga makanan tersebut terjangkau dan yang terutama adalah kebersihan yang sangat terjaga.
  • Faktor demografi
Dalam segi demografi, usaha rumah makan ini sudah strategis, karena berada di dalam lingkungan yang padat penduduknya dengan berbagai jenis kesibukan yaitu dalam lingkungan sekitar sekolahan maupun perusahaan-perusahaan yang ada.
Dilihat dari demografinya juga dalam hal keagamaan (berada di tempat yang sama rata terdapat yang beragama kristen dan islam, ditambah dengan kondisi dekat dengan gereja maupun masjid), yaitu penerimaan pesanan kue basah maupun kue kering dalam setiap hari-hari besar masing-masing agama, misalnya untuk lebaran atau natal, ataupun acara lainnya.
  • Faktor geografi
Dilihat dari geografinya, usaha ini sangat tepat karena dikelilingi berbagai suatu tempat atau instansi yang biasanya selalu mencari makan di luar tempat mereka.
  • Faktor teknologi
Bila usaha ini berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang signifikan, maka tidak menutup kemungkinan usaha ini dapat diperbesar dan dapat mempergunakan mesin cash. Selain itu, faktor teknologi yang bisa digunakan yaitu dalam proses pemasaran dalam dilakukan dengan via online, yaitu penerimaan pesanan, terutama kalau dalam pesanan diutamakan pesanan kue-kue.
  • Faktor pemerintah
Kalau dari faktor pemerintah, dalam naik turunnya harga kebutuhan pokok yang dapat mempengaruhi harga penjualan makanan tersebut.
  • Faktor sosial
Dalam faktor ini, timbulnya suatu keakraban dan pengenalan terhadap orang-orang sekitar tempat tinggal.




sumber : http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/12/30/lingkungan-bisnis-sebuah-pengenalan/   
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar