RSS

Sabtu, 06 Oktober 2012

Proses Pengambilan Keputusan oleh Konsumen



Saat proses sebelum maupun sesudah terjadinya pembelian, diperlukan suatu pengambilan keputusan terhadap barang atau jasa yang akan kita beli atau gunakan. Dalam proses pengambilan keputusan, didasari pada perilaku konsumen tersebut. Perilaku konsumen itu sendiri adalah suatu proses mencari, memilih, membeli, menggunakan dan mengevaluasi terhadap suatu barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen tersebut.
Harga merupakan salah satu yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan. Bila harga suatu barang yang cenderung rendah, membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah sedangkan harga yang cenderung tinggi membuat pengambilan keputusan menjadi lebih lama karena bagi beberapa orang harga menjadi suatu hal yang penting.
Berikut beberapa hal yang mendasari proses pengambilan keputusan, diantaranya:
1)    Pengenalan masalah (problem recognition)
Sebelum pembelian dilakukan, konsumen harus mengetahui apa yang menjadi point masalahnya, yang membuatnya harus membeli barang tersebut.
2)    Pencarian informasi (information source)
Setelah mengenal dan mendapatkan apa yang menjadi point masalah, selanjutnya mulai melakukan pencarian informasi mengenai barang yang ingin dibeli. Pencarian informasi tersebut bisa melalui orang disekitar ataupun menggunakan kemajuan teknologi yang ada.
3)    Mengevaluasi alternatif (alternative evaluation)
Berbagai macam informasi yang sudah didapatkan tersebut, menjadi alternatif untuk dievaluasikan dengan masalah yang ada.
4)    Keputusan pembelian (purchase decision)
AHAA!!!
Setelah alternatif yang ada dievaluasi, kemudian mulailah konsumen mengambil suatu keputusan pembelian.
5)    Evaluasi pasca pembelian (post-purchase evaluation)
Setelah keputusan dibuat dan dilakukan pembelian, kemudian dilakukanlah suatu evaluasi terhadap barang yang dibeli, apakah barang tersebut sesuai dengan harapan yang diinginkan atau tidak.

Dalam proses pengambilan keputusan, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu:
1)    Dari dalam diri
·         Motivasi diri sendiri
·         Persepsi
·         Integrasi
·         Pengalaman masa lalu
·         Sifat pribadi
2)    Dari luar
·         Kedudukan
·         Situasi
·         Masalah
·         Tekanan dari luar
Tipe pengambilan keputusan:
1)    Tipe Ketergantungan
Tipe konsumen seperti ini jelas merupakan tipe yang bergantung dengan orang disekitarnya (tidak mempunyai pendirian yang tegas).
2)    Tipe Eksploitatif
Dalam pengambilan keputusan, tipe ini bersifat mengeksploitasi orang lain.
3)    Tipe Tabungan
Tipe ini dalam pengambilan keputusan, cenderung mengumpulkan ide-idenya sendiri tanpa membagikannya kepada yang lain guna memperkuat posisinya sendiri.
4)    Tipe Pemasaran
Merupakan tipe yang memamerkan ide yang dia miliki dalam pengambilan keputusan.
5)    Tipe Produktif
Tipe ini merupakan tipe pengambil keputusan yang kreatif dimana mempunyai pengetahuan, keterampilan dan pemikiran yang jauh ke depan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://eprints.undip.ac.id/5787/1/Pengambilan_Keputusan_-_AYUN_SRIATMI.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar