Saat proses
sebelum maupun sesudah terjadinya pembelian, diperlukan suatu pengambilan
keputusan terhadap barang atau jasa yang akan kita beli atau gunakan. Dalam
proses pengambilan keputusan, didasari pada perilaku konsumen tersebut. Perilaku
konsumen itu sendiri adalah suatu proses mencari, memilih, membeli, menggunakan
dan mengevaluasi terhadap suatu barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan
konsumen tersebut.
Harga
merupakan salah satu yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan. Bila
harga suatu barang yang cenderung rendah, membuat proses pengambilan keputusan
menjadi lebih mudah sedangkan harga yang cenderung tinggi membuat pengambilan
keputusan menjadi lebih lama karena bagi beberapa orang harga menjadi suatu hal
yang penting.
Berikut
beberapa hal yang mendasari proses pengambilan keputusan, diantaranya:
1) Pengenalan
masalah (problem recognition)
Sebelum pembelian dilakukan,
konsumen harus mengetahui apa yang menjadi point masalahnya, yang membuatnya
harus membeli barang tersebut.
2) Pencarian
informasi (information source)
Setelah mengenal dan mendapatkan apa
yang menjadi point masalah, selanjutnya mulai melakukan pencarian informasi
mengenai barang yang ingin dibeli. Pencarian informasi tersebut bisa melalui
orang disekitar ataupun menggunakan kemajuan teknologi yang ada.
3) Mengevaluasi
alternatif (alternative evaluation)
Berbagai macam informasi yang sudah
didapatkan tersebut, menjadi alternatif untuk dievaluasikan dengan masalah yang
ada.
4) Keputusan
pembelian (purchase decision)
AHAA!!! |
Setelah alternatif yang ada
dievaluasi, kemudian mulailah konsumen mengambil suatu keputusan pembelian.
5) Evaluasi
pasca pembelian (post-purchase
evaluation)
Setelah keputusan dibuat dan
dilakukan pembelian, kemudian dilakukanlah suatu evaluasi terhadap barang yang
dibeli, apakah barang tersebut sesuai dengan harapan yang diinginkan atau
tidak.
Dalam proses pengambilan
keputusan, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu:
1)
Dari
dalam diri
·
Motivasi
diri sendiri
·
Persepsi
·
Integrasi
·
Pengalaman
masa lalu
·
Sifat
pribadi
2)
Dari
luar
·
Kedudukan
·
Situasi
·
Masalah
·
Tekanan
dari luar
Tipe pengambilan
keputusan:
1)
Tipe
Ketergantungan
Tipe konsumen
seperti ini jelas merupakan tipe yang bergantung dengan orang disekitarnya
(tidak mempunyai pendirian yang tegas).
2)
Tipe
Eksploitatif
Dalam pengambilan
keputusan, tipe ini bersifat mengeksploitasi orang lain.
3)
Tipe
Tabungan
Tipe ini dalam
pengambilan keputusan, cenderung mengumpulkan ide-idenya sendiri tanpa
membagikannya kepada yang lain guna memperkuat posisinya sendiri.
4)
Tipe
Pemasaran
Merupakan tipe
yang memamerkan ide yang dia miliki dalam pengambilan keputusan.
5)
Tipe
Produktif
Tipe ini
merupakan tipe pengambil keputusan yang kreatif dimana mempunyai pengetahuan,
keterampilan dan pemikiran yang jauh ke depan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://eprints.undip.ac.id/5787/1/Pengambilan_Keputusan_-_AYUN_SRIATMI.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar