Segmentasi Pasar
Segmentasi
Pasar merupakan suatu kegiatan membagi pasar yang bersifat heterogen ke dalam
segmen-segmen yang bersifat homogen. Maksudnya adalah pasar-pasar yang berbeda
tersebut, dibentuk dalam suatu ruang lingkup yang lebih kecil dengan
berdasarkan kesamaan yang diklasifikasikan.
Perbedaan
keinginan antar konsumen yang satu dengan yang lainnya, menjadi alasan yang
utama dibentuknya suatu segmentasi pasar. Manfaat dari segmentasi pasar itu
sendiri antara lain:
·
Perusahaan
akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai
kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang dinamis
·
Dapat
mendesign produk yang sesuai dengan permintaan pasar Perusahaan akan dapat mendeteksi
secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang
dinamis
·
Dapat
menentukan periklanan yang paling efektif dibuat
·
Dapat
mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen
yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
·
Dapat
digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode
dimana reaksi pasar cukup besar.
Dimana
pasar dapat diidentifikasikan atau diklasifikasikan sbb:
ü
Berdasarkan
geografis
Yaitu dilihat
berdasarkan wilayah yang ditempati.
ü
Berdasarkan
demografis
Yaitu
dilihat dari usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan dan kelas
sosial.
ü
Berdasarkan
psikografis
Yaitu dilihat dari gaya
hidup, kepribadian dan nilai.
ü
Perilaku
pembelian
Yaitu dilihat dari tingkat pemakaian,
status kesetiaan dan status pemakai.
Analisa Demografi
Demografis
merupakan klasifikasi segmentasi berdasarkan peta kependudukan. Dari klasifikasi
segmentasi yang ada, tetap harus selalu melihat dari demografisnya. Misalnya segmentasi
gaya hidup dan teknologi, tetap harus dilihat dari variabel demografis seperti
usia, jenis kelamin, pendidikan dan penghasilan. Kemudian informasi demografis
merupakan informasi yan mudah dijangkau dan paling murah untuk mengidentifikasi
target market maupun memberikan wawasan tentang trend yang sedang terjadi. Demografis
juga dapat digunakan untuk melihat perubahan permintaan aneka produk, yang
kemudian dapat mengevaluasi dari pemasaran yang sudah dilakukan.
Data
demografi dibutuhkan untuk salah satu dari 4 kategori ini, yaitu:
1.
Market
management
Menyangkut
bagaimana menilai potensi pasar dalam setiap area geografis dan mengalokasikan
wilayah penjualan kepada pasar yang potensial.
2.
Analisa
produk
Mengenai
pemilihan produk yang ditargetkan di suatu wilayah tertentu, menentukan harga
jual dan berapa pangsa pasar yang ingin dikuasai. Analisis ini termasuk ke
dalam pemahaman perilaku konsumen.
3.
Strategi
periklanan
Mengenai
cara untuk memperkenalkan atau mengkomunikasikan produk (barang atau jasa)
kepada orang-orang yang menjadi target pemasaran.
4.
Perencanaan
strategi
Mengenai
hal yang berhubungan dengan eksistensi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan
perlu mempelajari perubahan yang terjadi dan dapat mengganggu eksistensi perusahaan,
yaitu perubahan prioritas kebutuhan konsumen, perubahan peta persaingan dan menemukan
produk baru.
Sumber:
Khasali, Rhenald. 1998. Membidik Pasar
Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar