Perilaku konsumen
memiliki kepentingan khusus bagi orang karena berbagai alasan berkeinginan mempengaruhi
atau mengubah perilaku, termasuk mereka yang kepentingan utamanya adalah
pemasaran, pendidikan, dan perlindungan konsumen serta kebijakan umum. Elemen kunci
dalam definisi adalah pertukaran pelanggan dan penyuplai. Masing-masing pihak
memberikan sesuatu yang bernilai kepada pihak lain yang bertujuan memenuhi
kebutuhan mereka masing-masing. Dalam konteks pembelian yang normal, uang
ditukar dengan barang atau jasa yang diinginkan.
Pelanggan terletak pada
inti proses tersebut. Semua yang dilakukan penyuplai dalam hal produk, harga,
promosi, dan distribusi (“Bauran pemasaran” atau “marketing mix”) diadaptasikan
dengan permintaan pasar.
Tidak mengherankan bahwa
studi perilaku konsumen memiliki akar utamanya di dalam bidang ekonomi dan yang
lebih baru, dalam pemasaran. Proses pembelian lebih menjadi perhatian para
pemasar ketimbang proses konsumsi. Dan, penelitian konsumen harus memiliki
relevansi manajerial yang jelas di dalam konteks ini sebelum dipertimbangkan.
Analisis konsumen
merupakan dasar dari manajemen pemasaran. Perencanaan dan strategi pemasaran
harus disusun berdasarkan pemahaman akan konsumen yang menjadi target pasar
bagi perusahaan. Pentingnya pemahaman mengenai konsumen dapat dijumpai dalam
definisi pemasaran. Pemasaran adalah aktivitas manusia yang diarahkan untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Dari definisi
tersbeut ada dua hal penting, yaitu pertama pemasar berusaha memuaskan kebutuhan
dan keinginan orang lain dan kedua, pemasaran melibatkan studi tentang
pertukaran dimana orang saling menyerahkan sumber daya. Agar menjadi pemasar
yang berhasil mereka harus memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan
dan kebutuhan konsumen.
Alasan mempelajari perilkau konsumen dapat dijabarkan sebagai
berikut:
1.
Analisis konsumen menjadi dasar bagi manajer pemasaran. Hal ini
membantu manajer dalam:
·
Menyusun bauran pemasaran
·
Segmentasi
·
Diferensiasi dan product positioning
·
Menyediakan dasar analisis lingkungan
·
Mengembangkan riset pemasaran
2.
Analisis konsumen memainkan peranan kritis dalam pengembangan
kebijakan publik
3.
Pengethauan mengenai perilaku konsumen mengembangkan kemampuan
konsumen untuk menjadi konsumen yang lebih efektif
4.
Analisis konsumen memberikan pengetahuan tentang peirlaku
manusia
5.
Studi perilaku konsumen memberikan 3 jenis informasi, yaitu:
·
Orientasi konsumen
·
Fakta mengenai perilaku pembelian
·
Teori yang membimbing dalam proses berpikir
Sumber:
http://www.slideshare.net/somayspartan/konsep-dasar-perilaku-konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar