Kepribadian,
nilai dan gaya hidup merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku
pembelian konsumen yang dilihat dari personalnya yaitu karakteristik pribadi
yang berada dalam diri pembeli. Berikut penjelasannya,
1.
Kepribadian
Adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan
berinteraksi dengan individu lain. Setiap orang mempunyai kepribadian yag khas
dan ini akan mempengaruhi perilaku pembelian. Kepribadian mengacu pada
karakteristik psikologis yang unik yang menimbulkan tanggapan relatif konstan
dan bertahan lama terhadap lingkungannya sendiri. Kepribadian biasanya
dijelaskan dengan menggunakan ciri-ciri seperti kepercayaan diri, dominasi,
otonomi, kehormatan, kemampuan bersosialisasi, pertahanan diri, dan kemampuan
beradaptasi.
Kepribadian sangat bermanfaat untuk menganalisis perilaku
konsumen bagi beberapa pilihan produk atau merek. Atau pemasar juga dapat
menggunakan konsep diri atau citra diri seseorang. Pemasar berusaha
mengembangkan citra merek yang sesuai dengan citra pribadi pasar sasaran.
Mungkin saja konsep diri aktual seseorang (bagaimana ia memandang dirinya)
berbeda dari konsep diri idealnya (ingin memandang dirinya seperti apa) dan
dengan konsep diri orang lainnya (bagaimana ia menganggap orang lain memandang
dirinya). Untuk memahami perilaku konsumen, pemasar dapat melihat pada hubungan
antara konsep diri dan harta milik konsumen. Konsep diri ini telah berbaur
dalam tanggapan konsumen terhadap citra mereka.
2.
Nilai dan Gaya Hidup
Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa cara
pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial
dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Dan gaya
hidup merupakan pola hidup seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas atau
kegiatan, minat, dan pendapatnya.
Orang yang berasal dari subkultur, kelas sosial, dan pekerjaan
yang sama dapat mempunyai gaya hidup yang berbeda. Konsep gaya hidup apabila
digunakan oleh pemasar secara cermat, dapat membantu untuk memahami nilai-nilai
konsumen yang terus berubah dan bagaimana nilai-nilai tersebut mempengaruhi
perilaku konsumen. Gaya hidup menggambarkan keseluruhan diri seseorang yang
berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
Oleh karena itu, pemasar
harus mmemperhatikan dengan cermat dan menjadi pertimbangan yang berarti terhadap kepribadian, nilai dan gaya
hidup konsumen yang ditujunya dimana mempengaruhi perilaku pembelian konsumen
tersebut.
Sumber:
Simamora, Bilson. 2000. Panduan Riset Perilaku Konsumen.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis
Kasus Integrated Marketinng Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar