Dalam melakukan pemenuhan kebutuhan, konsumen perlu melakukan
suatu pembelian. Di dalam pembelian tersebut, ada beberapa faktor yang
mempengaruhi perilaku pembelian konsumen dimana hal tersebut digunakan pemasar
untuk menjadi patokan atau pegangannya dalam melakukan penjualan yaitu faktor
kebudayaan, sosial, personal, dan faktor psikologis. Kelas sosial dan status
sosial merupakan beberapa dari faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian
konsumen. Kelas sosial dilihat dari faktor kebudayaan dan sedangkan status
sosial dilihat dari faktor sosial.
Kelas sosial adalah susunan yang relatif permanen dan teratur
dalam suatu masyarakat yang anggotanya mempunyai nilai, minat, dan perilaku
yang sama. Kelas sosial tidak ditentukan oleh faktor tunggal seperti pendapatan
tetapi diukur sebagai kombinasi pekerjaan, pendapatan, pendidikan, kekayaan,
dan variabel lainnya. Pemasar memfokuskan dalam penjualannya dilihat dari
keseluruhan faktor kelas sosial tersebut. Kelas sosial memperlihatkan
preferensi produk dan merek yang berbeda dalam pembelian yang dilakukan
konsumen sesuai dengan variabel-variabel tersebut.
Posisi seseorang dalam tiap kelompok dapat ditentukan dari segi
peran dan status. Setiap peran membawa status yang mencerminkan penghargaan
umum oleh masyarakat. Status yang dimiliki seseorang dalam suatu kelompok
sosial dari ruang lingkup yang kecil sampai yang lebih besar, mempengaruhi
suatu perilaku konsumen dalam menentukan suatu keputusan pembelian. Contohnya yaitu
direktur memakai pakaian yang mahal dan mengendarai mobil mercedes.
Tetapi kelas sosial dan status tidak menutup kemungkinan bahwa
dalam keputusan pembeliannya tidak sesuai dengan kelas dan status yang
dimiliki. Misalnya, orang yang mempunyai status yang lebih tinggi, tetapi
memiliki kepribadian yang sederhana dan membuatnya dalam pemilihan produkpun
yang sederhana, hal tersebut berarti perilaku pembelian beberapa konsumen tidak
terpengaruh terhadap kelas sosial dan status yang disandangnya.
Sumber:
Simamora, Bilson. 2000. Panduan Riset Perilaku Konsumen.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar